10 Tip Keamanan Lab Cepat

By | May 11, 2020

Laboratorium membutuhkan pengaturan yang dikontrol secara ketat. Karena mereka mengelola begitu banyak bahan kimia serta berbagai produk tidak aman lainnya, dan juga karena pengujian dan juga prosedur yang Anda jalankan setiap hari bergantung pada akurasi absolut, keselamatan dan keamanan sangat penting. Di sini adalah 10 petunjuk keamanan lab cepat untuk menjaga agar lab Anda bekerja dengan baik.

1. Hubungi alas kaki non-slip

Laboratorium  https://labnusantara.co.id/ sudah terbiasa dengan semua jenis tumpahan. Serta percikan berarti lantai yang lembab, baik selama maupun setelah kecelakaan. Terlebih lagi, lantai lab biasanya terbuat dari material licin dan tidak berpori yang bisa licin sendiri. Dengan hanya membuat alas kaki non-slip menjadi kebutuhan, Anda akan menjaga anggota staf Anda jauh lebih aman dari perjalanan maupun turun.

https://unsplash.com/photos/qI7USKbZY_A

2. Buat kode berpakaian

Dalam kapiler yang sama, kode pakaian bisa sangat membantu menjaga anggota staf tetap aman. Semua orang di lab harus mengenakan lapisan laboratorium, namun itu juga ide yang bagus untuk menyerukan rambut panjang diikat ke belakang dan juga celana panjang untuk dipakai menjaga kaki. Selain itu, Anda harus mewajibkan pekerja mengenakan APD seperti sarung tangan dan juga kacamata pelindung untuk melindungi mereka dari asap yang tidak aman. Dengan membuat gaun ini sebagai permintaan, Anda mengembangkan praktik dengan karyawan Anda untuk mengenakan pakaian yang akan membantu melindungi mereka dari kecelakaan di laboratorium.

3. Gunakan tag saran

Ada semua jenis produk berbahaya di lab Labeli mereka, dan juga mengidentifikasi mereka dengan jelas. Label yang cerah, bersemangat, dan hati-hati pada bahan kimia kaustik serta berbagai risiko lain di laboratorium adalah cara terbaik untuk menjaga karyawan tetap aman. Jika Anda memiliki lemari tempat menyimpan banyak bahan berbahaya, itu adalah konsep yang bagus untuk mengklasifikasikan kabinet beserta setiap wadah di dalamnya. Ketika pekerja dapat dengan mudah melihat label peringatan, Anda mengurangi kemungkinan seseorang membuat kesalahan dengan materi tersebut.

4. Tidak ada makanan atau minuman di laboratorium.

Pertama, siapa pun yang makan atau minum di lab menjalankan ancaman kontaminasi yang sangat tinggi. Terlebih lagi, seseorang yang makan atau minum di laboratorium tidak membayar bunga penuh untuk tugas yang tersedia. Itu tidak baik ketika Anda beroperasi di lingkungan yang sekeras laboratorium penelitian. Karyawan Anda harus terkonsentrasi kapan saja. Selain itu, minuman dengan cepat tumpah pada studi penelitian dan juga tes, menghasilkan masalah yang signifikan dalam prosedur Anda.

5. Toko yang mudah terbakar di tempat yang tahan api

Set ini mungkin terdengar seperti no-brainer, namun itu bukan konsep yang baik untuk meninggalkan bahan yang mudah terbakar di mana saja. Banyak produsen laboratorium menggunakan lemari tahan api, jadi itu saran yang baik untuk berinvestasi dalam beberapa, dan juga menjaga setiap bahan mudah terbakar Anda di sana. Dengan melakukan ini, kalau-kalau terjadi kecelakaan, itu tidak akan menjadi lebih buruk dengan api yang mudah terbakar serta terbakar.

6. Praktekkan latihan keselamatan dan keamanan

Dari latihan api ke latihan twister hingga berlatih membersihkan tumpahan bahan kimia, Anda tidak bisa melakukan latihan keselamatan dan keamanan dengan cukup. Latihan iklim diminta untuk dilakukan beberapa kali setahun karena suatu alasan, dan Anda juga harus mempraktikkan keselamatan dan keamanan laboratorium Anda dan juga latihan darurat seperti biasa. Semakin mengenal pekerja Anda dengan prosedur, semakin baik mereka akan dapat melakukan jika ada sesuatu yang gagal.

7. Jalankan evaluasi

Sangat bagus untuk menjalankan banyak metode keamanan ini – mengidentifikasi bahan yang tidak aman dan menyimpan bahan yang mudah terbakar di area tahan api – namun itu hanya berfungsi jika karyawan Anda sebenarnya melakukannya. Pikirkan tentang melakukan pemeriksaan mendadak untuk sesekali memastikan bahwa semua prosedur keselamatan dan keamanan Anda dipatuhi. Jika pekerja ketahuan dan juga ditegur karena menyimpan sesuatu yang tidak benar atau makan di laboratorium, mereka kemungkinan besar tidak akan melakukannya sekali lagi.

8. Buang limbah lab dengan benar

Limbah laboratorium adalah salah satu aspek yang paling berbahaya dari semua jenis laboratorium penelitian yang berfungsi. Pastikan pekerja Anda mengerti persis bagaimana serta di mana harus menyingkirkannya. Setiap lab memiliki berbagai proses, tetapi setiap anggota staf harus benar-benar terdidik dan harus mengenali secara tepat bahan kimia apa yang perlu dibuang dengan cara yang berbeda, dan yang tidak aman. Untuk memastikan info ini tetap segar dalam ingatan mereka, itu adalah saran bagus untuk memeriksa atau mengujinya secara teratur.

9. Buat banyak ruang dalam mengalokasikan peralatan keselamatan

Ini hanyalah salah satu petunjuk keselamatan laboratorium penting dan terbesar yang tersedia. Laboratorium Anda harus memiliki rencana pengeluaran untuk membeli alat keamanan laboratorium jika Anda menginginkan agar laboratorium Anda bekerja dengan aman. Dari sarung tangan ke terminal pencuci mata, karyawan Anda memerlukan peralatan ini untuk menjalankan prosedur mereka tanpa membahayakan diri mereka sendiri. Anda memerlukan perangkat keamanan untuk menjalankan lab,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *