Meratakan Gigi Tanpa Behel Yang Aman Untuk Anak-anak

By | March 8, 2021

Dalam pemakaian behel transparan yang juga disebut sebagai clear aligner sangat dianjurkan bagi anak-anak yang mengalami kondisi gigi tidak rata. banyak para artis ataupun selebgram yang di Indonesia menggunakan clear aligner dalam mengatasi permasalahan tersebut. Mengapa demikian? Sebab clear aligner mampu meratakan gigi tanpa behel kawat sehingga sangat aman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Pastinya penggunaan dari behel transparan seperti ini mempunyai banyak keuntungan apabila dibandingkan dengan menggunakan kawat gigi. Perawatan yang dilakukan dengan menggunakan clear aligner tidak seperti kawat gigi yang harus rutin datang ke dokter gigi selama 1 bulan sekali bahkan lebih.

Perbedaan Diantara Clear Aligner Dan Kawat Gigi

Meratakan gigi tanpa behel kawat dengan menggunakan clear aligner tidak seperti kawat gigi yang akan mempengaruhi penampilan. Sebab warna dari behel ini sangat bening dan juga transparan sehingga meskipun dipakai ketika keluar rumah pun tidak akan seperti menggunakan behel. Yang tentunya hal ini akan sangat berbeda dengan kawat gigi yang proses pemasangannya dengan menggunakan braket logam.

Sebab dengan menggunakan kawat gigi ini akan membuat para penggunanya tidak leluasa ketika berbicara ataupun makan. Sedangkan dengan menggunakan clear aligner Anda bisa nyaman berbicara di depan banyak orang tanpa khawatir rasa sakit.

Aligner terbuat terbuat dari karet sehingga sangat lentur dan dan aman untuk gigi anak-anak sekalipun. Bahkan proses pelepasan dan juga pemasangan dari clear aligner tidak harus dilakukan oleh dokter gigi. Kemudian saat makan pun aligner juga bisa dilepas sehingga tidak akan sisa makanan yang menempel pada behel.

Waktu Yang Tepat Untuk Pemasangan Clear Aligner

Mengenai waktu yang paling tepat dalam pemakaian behel transparan ini biasanya akan dilakukan selama 6 bulan bahkan sampai 18 bulan. Tapi kurun waktu dalam penggunaannya akan disesuaikan dengan kondisi dari gigi. Apabila anak mengalami kondisi gigi yang cukup parah tentu penggunaan dari clear aligner akan semakin lama. Namun jika saja kondisi dari gigi tidak terlalu parah tentu waktunya juga cukup sebentar.

Dan perlu untuk anda ketahui jika behel transparan ini mampu menghasilkan kondisi gigi yang maksimal ketika dalam satu hari dipakai selama 22 jam. Sehingga pada saat menyikat gigi ataupun makan bisa dilepas sebentar baru setelah itu dipasang lagi.

Dengan adanya clear aligner anak-anak yang mengalami pertumbuhan gigi tidak teratur tidak perlu lagi melakukan cabut gigi. Sebab penggunaan dari aligner mampu mengatasinya secara maksimal tanpa rasa sakit. Namun biasanya penggunaan dari BL ini akan dipakai untuk orang-orang yang mempunyai kondisi gigi yang renggang dengan mencapai 5 mm.

Kelebihan Penggunaan Dari Clear Aligner

Memang betul jika clear aligner terbuat dari bahan yang telah sesuai dengan standar kesehatan gigi. Dengan warnanya yang transparan seseorang tidak perlu lagi merasa rendah diri ketika berhadapan dengan orang lain. Kontrol yang dilakukan ke dokter gigi pun biasanya akan dilakukan selama 2 bulan sekali ataupun 3 bulan sekali. Jadi Anda tidak akan banyak menghabiskan waktu hanya untuk melakukan kontrol yang berulang kali seperti menggunakan kawat gigi.

Selain itu, karena behel transparan ini adalah terobosan teknologi terbaru dalam kesehatan gigi. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan pelindung gigi yang biasanya digunakan oleh para atlet tinju. Bahan yang digunakan memang sama dengan behel transparan namun ketebalannya jauh lebih tinggi sebab mampu melindungi gigi secara maksimal ketika mendapatkan pukulan dari lawan.

Bahkan kecepatan dari terbentuknya gigi yang rapi dengan menggunakan clear aligner jauh lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kawat gigi. Apalagi kawat gigi memiliki harga yang cukup mahal dan biasanya penggunaannya cukup lama sebab bisa menghabiskan waktu 3 tahun sampai 5 tahun. Tentu hal tersebut tidak berlaku pada clear aligner yang paling lama akan menghabiskan waktu 18 bulan saja.

Faktor-faktor Yang Membuat Gigi Tidak Rata

Biasanya untuk orang-orang yang mempunyai kondisi gigi tidak rata memang merupakan faktor keturunan dari orang tua ataupun kakek neneknya. Namun bisa jadi terdapat kebiasaan yang sudah dilakukan sudah di kecil sehingga membuat gigi tidak rata ataupun tonggos. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa faktor yang menjadi penyebabnya:

  • Sering menghisap jempol saat kecil

Ketika anak masih berusia balita pastinya kita sudah sering melihat kebiasaannya yang suka menghisap jempol. Namun rupanya kebiasaan yang seperti ini harus segera diperhatikan ketika anak sudah masuk ke usia 5 tahun. Karena kondisi ini bisa membuat kebiasaan dan secara perlahan otot dari pipi pun tertekan dikarenakan sering menghisap. Yang artinya mampu mendorong Raha sehingga gigi yang akan tumbuh lebih maju.

  • Kebiasaan ngedot

Kebiasaan yang seperti ini memang hampir sama akibatnya dengan mengisap jempol. Untuk itulah ketika anak sudah berusia 5 tahun segera membiasakannya untuk meminum susu dari gelas. Karena jika saja pada umur tersebut masih menggunakan dot saat ingin tidur maka resiko dari gigi tidak rata ataupun tonggos juga akan semakin tinggi.

Meminum susu ketika ingin tidur tentu membuat kesehatan dan digigit terganggu dikarenakan rasanya yang manis. Karena gigi nantinya akan cepat gigis sebab sebelum tidur tidak melakukan sikat gigi terlebih dahulu.

  • Faktor keturunan

Untuk yang terakhir ini merupakan faktor yang cukup berpotensi tinggi mengakibatkan anak-anak mengalami kondisi gigi yang tonggos ataupun tidak rata. Sebab jika terdapat salah satu orangtua yang mengalami kondisi seperti tersebut maka anaknya pun juga akan mengalami kondisi tersebut.

Sebagai contoh, ketika ibu memiliki kondisi rahang yang kecil sehingga bentuk giginya juga kecil. Namun kondisi rahang dari ayah cukup besar dan bentuk giginya pun juga besar. Dengan kondisi yang seperti ini bisa jadi anak yang akan lahir memiliki rahang kecil kemudian giginya yang besar. Kondisi yang seperti inilah yang mengakibatkan gigi tidak rata karena bentuk dari rahangnya tidak mampu menampung semua gigi yang tumbuh.

  • Pernah mengalami cedera rahang

Jika seseorang pernah mengalami cedera pada bagian rahangnya jika bisa menjadi faktor kondisi dari gigi yang tidak rata. Bisa jadi cedera rahang ini dikarenakan sehabis kecelakaan ataupun sebagainya sehingga gigi yang tumbuh pun tidak bisa sesuai dengan bentuk rahang.

Namun ketika seseorang mengalami cedera rahang yang tidak terlalu parah masih bisa dilakukan perawatan dengan menggunakan clear aligner. Tentu saja sebelum itu harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter gigi untuk bisa mendapatkan bentuk dari clear aligner yang sesuai dari keparahan bentuk gigi.

Kesimpulan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan clear aligner yang original, maka bisa langsung menghubungi contact person kami. Sebab kami mampu membuat clear aligner untuk meratakan gigi tanpa behel kawat yang sakit. tapi pastikan terlebih dahulu anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *